Friday, 29 April 2016

[Review] Wentworth Season 1 (2013)


Kelihatannya kehidupan cewek-cewek di penjara sedang menjadi tema menarik untuk dijadikan film. Selain Orange Is The New Black dari Netflix, rupanya ada serial Wentworth dari Foxtel yang juga mengusung tema penjara khusus wanita. Jika OITNB diceritakan dengan black humour, maka Wentworth lebih serius dan kelam.

Sekarang, mari kita bandingkan kedua serial ini. Jika Piper Chapman ditahan karena terlibat money laundry, maka Bea Smith (Danielle Cormack) ditahan di Wentworth akibat tuduhan percobaan pembunuhan saat melawan suaminya yang KDRT hingga suaminya nyaris tewas. Bea yang ibu rumah tangga biasa, mengalami shock menghadapi budaya penjara yang keras. Hari pertamanya langsung diberi perintah oleh Franky Doyle (Nicole da Silva), salah satu penguasa penjara untuk menerima narkoba selundupan dari luar.

Kekuasaan di Wentworth diperebutkan oleh Franky dan Jacs Holt (Kris McQuade) dengan cara yang lebih sadis dibandingkan persaingan Red vs Vee di Litchfield. Dan Bea yang baru datang pun terjepit di tengah kedua kubu tersebut. Lokasi tempat tidurnya membuat ia termasuk dalam Franky's family, namun keselamatan anaknya yang terancam membuat ia terkadang harus menuruti Jacs.

Sayangnya, Bea sebagai tokoh utama memiliki penokohan yang kurang kuat, begitupun dengan Franky cool dan badass. Franky is cool, but my heart is still for Alex Vause. Begitupun para karakter lainnya, penonton masih kurang bersimpati pada mereka. Dan entah kenapa saya merasa justru cerita tentang kehidupan pribadi para sipir yang mendapat porsi lebih besar ketimbang tentang para tahanan di sini.

Dan narkoba benar-benar beredar antar tahanan di Wentworth membuat Litchfield terlihat bersih (kecuali saat ada campur tangan Kumis Mesum dan Vee). Perkelahian antar tahanan di Litchfield paling banter berakhir jambak-jambakan atau sedikit luka-luka dan dikirim ke SHU, di Wentworth berakhir dengan tawuran antar kubu dan darah di mana mana. Dan antar para sipir di Wentworth sendiri juga ada intrik terselubung.

Membandingkan Litchfield dan Wentworth adalah sebuah kesulitan. Keduanya punya kelebihannya sendiri. Litchfield adalah penjara minimum security (ingat bahwa area maximum security belum pernah dimunculkan) di mana para tahanannya dinilai tidak terlalu membahayakan dan penuh dengan humor sarkastik yang memancing tawa, meski ada intrik dan drama yang membawa kita melihat sisi lain para karakter. Sementara Wentworth benar-benar memperlihatkan penjara di dunia nyata yang kejam meskipun juga ada beberapa bagian yang menegaskan bahwa merekapun manusia dengan masa lalu berbeda-beda. Setelah melihat Litchfield yang komedik, melihat Wentworth benar-benar seperti disadarkan kembali bahwa penjara di dunia nyata tidak akan seceria Litchfield. Wentworth adalah versi dark dari OITNB.

Btw, apa ada filmmaker Indonesia yang tertarik untuk membuat serial tentang kehidupan di lapas wanita Indonesia? :p

RATE:
7.9/10

No comments :

Post a comment