Sunday, 1 May 2016

[Review] Ada Apa dengan Cinta 2


Setelah iklan versi LINE yang menhebohkan, akhirnya ada wacana untuk menciptakan sekuel kisah Rangga dan Cinta. Saat AADC1, saya masih anak SD yang gak ngerti ini film apa dan akhirnya saya nonton full AADC1 via Youtube saat kuliah. Dan saya dapat undangan nonton dari salah satu air mineral yang menjadi sponsornya AADC2 ini. Lucky me!

Setelah Rangga pergi ke Amerika yang menjadi ending AADC1, rupanya Rangga dan Cinta sempat menjalin LDR beberapa tahun sampai mendadak Rangga memutuskan Cinta via surat.

Iya, bener. SURAT!

Setelah berusaha move on, beberapa tahun kemudian Cinta bertunangan dengan Trian (Ario Bayu) dan akan segera menikah. Namun saat liburan bareng gengnya ke Jogja, tak sengaja mereka bertemu dengan Rangga. Dan ceritapun berlanjut ke mereka yang menapaki masa lalu.

Sudah menjadi trademark Dian Sastro dan Nicholas Saputra bahwa mereka adalah Cinta dan Rangga, karena itulah mereka muncul kembali dalam film ini. Geng Cinta juga dimunculkan kembali dengan kisah mereka masing-masing. Tadinya saya pikir film ini akan drama abis, tapi ternyata penonton bolak-balik dibuat tertawa oleh Carmen (Adinia Wirasti), Maura (Titi Kamal), dan terutama Milly (Sissy Priscillia). Bagaimana nasib Alya karena Ladya Cheryll absen dari film ini? Kalau saya kasih tahu, nanti spoiler donk karena ini salah satu yang bikin penonton penasaran :p

Perjalanan Cinta dan Rangga mengeksplorasi Jogja dibawakan dengan sangat baik. Keraton Ratu Boko saat senja, kuliner malam yang bikin ngiler, dan perjalanan terakhir mereka ke tempat yang saya lupa namanya tapi saya suka sekali pengambilan gambarnya yang menggunakan drone. Setelah AADC2 ini, niscaya tempat-tempat tersebut akan kebanjiran pengunjung. Salah satu kekuatan AADC2 selain Dian Sasto dan Nicholas Saputra adalah puisi dari Aan Mansyur dan soundtrack yang dibawakan Melly Goeslaw dan Anto Hoed. Seluruh musik di AADC2 ini sangat pas dengan adegan yang tengah terjadi.

Alasan orang menonton film ini adalah untuk nostalgia bagi yang masa remajanya menonton AADC1. Ada yang karena penasaran dengan kelanjutan kisah Rangga dan Cinta meski AADC1 bukan saat masa remajanya, ada juga yang hanya ikut-ikutan heboh saja. Tapi tembus 200.000 penonton saat tayang hari pertama bersaing dengan Civil War benar-benar rekor! Ternyata masih banyak orang mencintai Rangga dan Cinta.

Sebenarnya AADC2 berkisah tentang bagaimana rasanya bertemu dengan mantan terindah. Dari kekakuan awal bertemu yang perlahan mencair menjadi keakraban dan rasa galau setelah bertemu. Jadi siapakah yang dipilih Cinta? Trian yang sudah menjadi tunangannya atau Rangga yang mendadak muncul kembali membawa kenangan masa lalu? Silahkan nonton sendiri meskipun rasanya endingnya sudah tertebak.

RATE:
8/10

No comments :

Post a comment