Monday, 25 December 2017

[Review] Susah Sinyal (2017)

(beritagar.id)
Ellen (Adinia Wirasti), single parent dan pengacara sukses memiliki hubungan yang kurang harmonis dengan Kiara (Aurora Ribero), putrinya yang beranjak remaja. Gara-gara susah sinyal saat liburan di Sumba, sepasang ibu dan anak justru punya kesempatan baik untuk memperbaiki hubungan mereka yang renggang.

Kembali lagi dengan Ernest Prakasa, stand up comedian ini memang piawai dalam membuat drama komedi yang menyentuh penonton. Setelah Cek Toko Sebelah yang menyorot hubungan ayah dan anak lelaki, kini Susah Sinyal berfokus pada hubungan ibu dan anak perempuan. Berhubung Ernest bukan seorang ibu ataupun anak perempuan (ya iyalah!), maka ia menggandeng istrinya sendiri, Meira Anastasia, sebagai partner menulis skenario. Hasilnya? Ciamik!

Dibumbui komedi segar dari para cast, penonton dibuat tertawa terbahak-bahak sambil terus fokus pada perkembangan hubungan Ellen dan Kiara. Para cast yang juga stand up comedian seperti Dodit Mulyanto, Arie Kriting, dan lainnya sukses memancing tawa penonton dengan kelucuan dialognya. Mungkin penonton rada bosan melihat castnya itu-itu saja, seperti Adinia Wirasti atau Dodit Mulyanto yang sebelumnya sudah muncul di Cek Toko Sebelah, bahkan Chew Kin Wah alias Koh Afuk juga muncul biarpun hanya sedikit porsi adegannya. Untuk film berikutnya, mungkin Ernest perlu mencari cast yang lebih bervariasi.

Dari segi alur cerita, Susah Sinyal lebih matang dibanding Cek Toko Sebelah dengan konflik yang lebih variatif namun realistis. Hmmm, anak marah besar karena ortu telat datang di acara penting anak itu realistis dan sering terjadi, kan? Selain itu, alam savana Sumba yang gersang itu terlihat indah di mata dan menggoda penonton untuk segera memesan tiket pesawat ke sana. Sekaligus juga mengingatkan pada Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak yang juga bersetting di Sumba.

Untuk yang mencari tontonan keluarga pada long weekend, Susah Sinyal benar-benar tontonan yang tepat meskipun waktu tayangnya bertabrakan dengan Star Wars Episode VIII: The Last Jedi dan Jumanji: Welcome to the Jungle yang membuat isi teater jadi sepi.

No comments :

Post a comment