Saturday, 26 August 2017

[Review] Bad Genius (2017)

(cinema.com.kh)
Siapa yang tidak pernah menyontek semasa sekolahnya? Kalaupun tidak pernah, setidaknya pasti pernah kasihan dan memberikan contekan ke teman yang memerlukannya. Tema sederhana tersebut bisa-bisanya diangkat menjadi sesuatu yang serius dalam film Bad Genius ini. Dari trailernya saja, terlihat bahwa film ini sungguh tidak bisa dilewatkan.

Lynn (Chutimon Chuengcharoensukying) adalah seorang siswi jenius peraih beasiswa. Berawal dari memberikan contekan karena kasihan pada teman dekatnya, Grace (Eisaya Hosuwan), mendadak Lynn jadi berbisnis contekan. Awalnya hanya di lingkungan kelas, namun puncaknya Lynn menyusun strategi untuk memberikan contekan jawaban STIC, tes untuk universitas berstandar insternasional yang terkenal ketat. Jika berhasil, bukan hanya kesempatan kuliah luar negeri yang didapat Lynn, namun juga 2 juta Baht alias Rp 800an juta!

Menonton film ini akan langsung mengingatkan pada Now You See Me. Namun, jika The Four Horsemen memang sekumpulan pesulap yang didukung dengan berbagai trik dan fasilitas teknologi, maka Lynn hanya seorang anak SMA biasa. Semua strategi yang disusun Lynn hanya mengandalkan peralatan sederhana dan kehebatannya untuk putar otak. Takkan ada yang menyangkan bahwa seorang anak SMA sanggup menyusun strategi untuk mencurangi tes berstandar internasional.

Kelebihan film produksi Thailand adalah unsur dramanya dan itulah pengaduk emosi dalam film ini. Selain dibawa deg-degan dengan aksi Lynn dalam menyebar contekan dan takut ketahuan, penonton juga ikut kalut saat bisnis contekan rahasia ini ketahuan pihak sekolah dan ayah Lynn sangat kecewa pada anaknya.

Apalagi keterangan based on true event yang tertera dalam poster film ini membuat penonton semakin ternganga membayangkan benarkah ada orang yang sanggup menyusun strategi sesulit itu. Tentu saja film ini fiksi meskipun memang sutradara Nattawut Poonpiriya memang terinspirasi dari beberapa kasus di mana peserta ujian menggunakan berbagai peralatan untuk mencontek. Di Thailand, Bad Genius sukses menjadi film dengan pendapatan tertinggi sepanjang 2017.

Menonton film ini, dijamin kamu akan serasa kembali ke masa sekolah saat mencontek terasa begitu menegangkan! 

No comments :

Post a comment