Friday, 14 August 2020

[Review] InuYasha (2000 - 2009)

inuyasha
(netflix.com)

Kagome Higurashi, siswi kelas 3 SMP tiba-tiba ditarik oleh siluman ke dalam sumur tua. Begitu keluar dari sumur, ternyata dia terlempar ke masa beberapa ratus tahun lalu saat Shikon no Tama yang sakti menjadi rebutan para siluman. Sebagai reinkarnasi dari Kikyo, pendeta wanita penjaga Shikon No Tama, dia dan InuYasha harus menghalangi siluman jahat Naraku menguasai Shikon No Tama.

Anime satu ini merupakan salah satu anime legendaris di kalangan generasi 90an di Indonesia. Saya ingat, anime InuYasha tayang kira-kira saat saya kelas 6 SD di Indosiar. Sayangnya, anime ini tidak pernah tayang tamat di Indonesia malah beberapa kali diulang-ulang di stasiun TV lain sampai akhirnya saya (dan banyak orang lain) kehilangan minat. Setelah akhirnya saya berhasil nonton tamat hampir 200 episode, saya ingat-ingat lagi yang dulu pernah saya tonton di stasiun TV itu ternyata hanya tayang hingga season 2 dari total 8 season. Kira-kira berhenti tayang saat InuYasha melawan Ryukotsusei dan menguasai jurus Bakuryuha.

Setelah saya menonton ulang, akhirnya saya tahu juga bagaimana akhir cerita dari anime InuYasha. Sebelumnya, saya sudah menebak pasti happy ending alias dunia kembali tenteram damai dengan dikalahkannya Naraku. Tapi ada beberapa hal yang saya tetap penasaran seperti bagaimana kisah cinta segitiga antara Kagome, InuYasha, dan Kikyo yang bangkit dari kubur? Bagaimana dengan side story Sango x Miroku? Nasibnya Kohaku? Para siluman anak buah Naraku seperti Kanna dan Kagura? Sesshomaru, abangnya InuYasha yang grey character sekali? Nah, nonton ulang ini akhirnya berhasil membuat saya tahu jawaban semua pertanyaan di atas.

Malah, saya jadi memperhatikan beberapa hal lain di luar cerita utama. Contohnya saja, pada episode saat topeng pemakan manusia yang disegel dalam gudang rumah keluarga Kagome terlepas dan bikin heboh. Topeng tersebut ternyata berasal dari pohon yang tertancap serpihan Shikon No Tama. Saya merasa ada time paradox di episode ini. Di akhir cerita, Shikon No Tama terkumpul dan happy ending, kenapa ada satu serpihan yang terbawa ke zaman modern? Akhirnya saya memutuskan bahwa jawabannya ada pada percakapan antara The Ancient One dan Hulk di Avengers: Endgame (2019). Masih ingat tidak isi percakapan mereka? :)))

Hal lain yang menarik adalah Kagome diceritakan suka membawa makanan modern kembali ke masa lalu dan diberikan kepada InuYasha cs seperti snack dan mie instant. Buset, dia meracuni orang zaman dulu dengan MSG, sampai ke siluman juga jadi merasakan MSG. Tapi tak bisa dipungkiri, micin memang enak karena dari manusia sampai siluman saja suka :D

Selain itu, Sesshomaru juga menjadi perhatian saya. Di episode awal kemunculannya saat tayang di Indosiar, Sesshomaru yang merupakan siluman darah murni digambarkan benci manusia termasuk InuYasha, adiknya yang setengah manusia. Seiring berjalannya waktu, terlihat dia punya soft spot untuk Rin, bocah manusia yang sempat menolongnya saat terluka. Kepada Rin, terlihat dia bersikap baik meskipun dingin. Bisa dibilang character development Sesshomaru ini menarik. 

Menonton anime ini memang memberikan rasa nostalgia saat bela-belain bangun pagi di hari Minggu demi maraton nonton anime di TV sekalian menuntaskan rasa penasaran untuk endingnya. 

Sekilas info, akhir 2020 ini akan tayang sekuel dari InuYasha yaitu Yashahime: Princess Half-Demon. Dalam Yashahime, para tokoh utamanya adalah anak-anak dari InuYasha, Sesshomaru, Sango, dsb. Tentu saja para generasi pertama juga akan hadir. Sinopsis singkatnya adalah bahwa salah satu dari anak kembar Sesshomaru jatuh ke dalam sumur penghubung ke dunia modern dan tidak bisa kembali lagi. Anak bernama Towa itu akhirnya diasuh oleh Sota, adik Kagome yang sudah dewasa. Setelah 10 tahun berlalu, tiba-tiba sumur tersebut berfungsi lagi dan Towa bisa kembali pulang ke masa lalu.

Ya, saya sih berharap Yashahime ini tidak berakhir seperti Boruto. Di awal Boruto tayang, banyak yang nonton  karena penasaran dengan Naruto cs yang sudah dewasa. Namun, lama kelamaan penonton mulai bosan saat cerita fokus ke Boruto cs dan akhirnya memutuskan berhenti nonton.

Untuk lebih lengkapnya, silakan nonton trailernya ini ya!

No comments :

Post a comment