Saturday, 11 August 2018

[Review] Sebelum Iblis Menjemput (2018)

(idntimes.com)
Alfie (Chelsea Islan) kehilangan ibunya saat kecil dan ayahnya juga meninggalkannya. Setelah dewasa, mendadak ada panggilan dari ayahnya, Lesmana (Ray Sahetapy), yang terbaring di rumah sakit karena sakit misterius. Di sana, ia bertemu ibu tiri dan saudara-saudara tirinya yang kurang bersahabat. Penyebab penyakit misterius Lesmana akan diuangkap dalam sebuah vila di tempat terpencil.

Trailer Kafir dan Sebelum Iblis Menjemput memiliki kemiripan, ada rasa Pengabdi Setan di dalamnya. Namun, bagi yang sudah nonton Kafir: Bersekutu Dengan Setan, bisa melihat perbedaan  dan kemiripan dalam dua film ini. Kemiripannya adalah unsur klenik yang dihadirkan, Kafir tentang santet sementara Sebelum Iblis Menjemput tentang pesugihan, jalan ceritanya tentu saja berbeda.

Jika kamu penggemar film horor, maka akan ada beberapa hal dalam Sebelum Iblis Menjemput yang mengingatkan pada beberapa film horor terkenal. Mulai dari Evil Dead, Drag Me to Hell, Pengabdi Setan, hingga Rumah Dara (yang juga disutradarai Timo Tjahjanto). Kengerian film ini dibangun dari skoring dihasilkan, terutama adegan yang menggunakan biola sebagai instrumen pengiringnya.  

Opening dari Sebelum Iblis Menjemput juga cukup unik, menampilkan kliping potongan berita kesuksesan hingga kebangkrutan Lesmana. Ada rasa seperti film horor Hollywood dari opening ini. Memasuki pertengahan film, tensi semakin meningkat drastis hingga penonton dibawa ngos-ngosan oleh ketegangan yang dihasilkan. Beberapa adegan sukses membuat penonton menjerit kecil karena shock, meskipun jumpscare yang dihasilkan tidak berlebihan. 

Akting paling oke muncul dari Karina Suwandi sebagai sosok ibu tiri yang persis seperti gambaran ibu tiri judes ala sinetron, lengkap dengan pelototan matanya. Chelsea Islan dan Pevita Pearce yang sebelumnya lebih dikenal sebagai pemain film genre drama juga memberikan penampilan yang menarik, keduanya tidak segan mandi darah dan lumpur demi mendalami peran mereka. Pevita juga mencuri perhatian dengan penampilannya sebagai Maya yang kerasukan dan membawa palu di hutan, ada rasa Rumah Dara di adegan ini. Hanya saja, mungkin para karakter kurang digali lebih mendalam sehingga penonton kurang merasakan keterikatan batin dengan mereka.

Bagi penggemar film horor terutama film dari Timo Tjahjanto, Sebelum Iblis Menjemput merupakan film wajib tonton yang menyuguhkan perpaduan berbagai unsur film horor terkenal tanpa kehilangan rasa horor Indonesia.

No comments :

Post a comment