Monday, 27 August 2018

[Review] Searching (2018)

(moviesworld.net)
Remaja 15 tahun bernama Margot Kim (Michelle La) menghilang secara misterius. Sang ayah, David Kim (John Cho) berusaha melacak di mana keberadaannya anaknya lewat riwayat media sosial dan chat yang dilakukan anaknya.

Sering menemukan film dengan sinopsis seperti ini? Si A menghilang lalu orang tua atau temannya berusaha melacaknya lalu menjadi film action yang penuh baku hantam? Maka Searching menyajikan sesuatu yang berbeda dan lebih realistis.

Sebagai remaja masa kini, Margot tentu aktif di media sosial. Salah satu cara termudah untuk menyelidiki latar belakang hilangnya Margot adalah dengan menelusuri apa isi media sosial dan file pribadi dalam gadgetnya. Uniknya, film ini tidak menampilkan seorang bapak-bapak yang sedang sibuk mengutak-atik laptop atau hape. Penonton menonton layar komputer dengan kursor yang terus menelusuri medsosnya Margot. Mirip-mirip Paranormal Activity, cuma di sini gak ada adegan lari-larian dari setan sambil bawa kamera.

Openingnya juga menarik, penonton melihat latar belakang keluarga Kim dari video dan foto yang ditampilkan. Mulai dari Margot kecil hingga ibunya meninggal dan hubungannya dengan ayahnya memburuk. Bukan hanya layar komputer yang muncul, layar smartphone, CCTV, hingga potongan breaking news juga muncul. Yang pasti, konsep film ini unik!

Searching merupakan film thriller yang membuat penonton tegang dengan cara yang berbeda. Penonton dibawa tegang dan penasaran dengan petunjuk-petunjuk yang berhasil dikumpulkan David dan ikut berasumsi ke mana sebenarnya Margot pergi. Selain itu, ada sedikit sindiran juga soal kehidupan bermedsos seperti bullyan netizen dan perilaku nebeng tenar. Yeah, netizen!

No comments :

Post a comment