Monday, 2 May 2016

[Review] Captain America: Civil War (2016)


Are you #TeamCap or #TeamIronMan? Kedua hashtag tersebut terus bertebaran di Twitter menjelang tayangnya Civil War. Dan yang mention ke Twitter @CaptainAmerica bahwa memilih menjadi #TeamIronMan akan mendapat video random ekspresi ketidakpercayaan dari para member #TeamCap. Sungguh cara promosi yang pandai.

Mengingatkan kembali pada Batman V Superman, akar permasalahannya adalah nasib warga sipil yang menjadi korban saat para superhero beraksi. PBB mengirimkan perjanjian kepada Avengers bahwa mereka hanya diperbolehkan bergerak dengan pengawasan PBB. Tony Stark alias IronMan (Robert Downey Jr.) salah satu yang setuju dengan rencana perjanjian tersebut berselisih pendapat dengan Captain America Steve Rogers (Chris Evans). Salah satu masalah lain adalah Winter Soldier Bucky Barnes (Sebastian Stan) yang menjadi tersangka pengeboman di Austria.

Ingatlah bahwa ini adalah filmnya Capt, maka ia yang menjadi sorot utama di sini. Khas Steve Rogers yang membuatnya dipilih menjadi Captain America adalah kebaikan hatinya yang juga menjadi konflik batinnya dalam film ini. Saat Peggy Carter tutup usia, maka yang tersisa baginya hanya Bucky yang berstatus buronan. Dan dilema baginya apakah harus melindungi sahabat lamanya atau menangkapnya.

Baik Tony maupun Steve punya alasan tersendiri atas pilihannya. Tony merasa bersalah saat seorang ibu muncul menyalahkannya atas anaknya yang tewas ketika Avengers beraksi di Age Of Ultron. Sementara Steve berpendapat bahwa jatuhnya korban memang tak bisa dihindarkan demi mencegah korban lebih banyak. Dari segi penceritaan, ini menjadi konflik yang menarik didukung dengan kehadiran selusin superhero dengan kelebihannya masing-masing.

Civil War juga sekaligus akan memperkenalkan Spider-Man versi baru yang diperankan Tom Holland (rencana tayang 2017) dan Black Panther (Chadwick Boseman) yang akan punya film sendiri pada 2018. Ya, Spider-Man akan direboot sekali lagi dengan pemeran yang masih ABG (Tom Holland itu umur 19 tahun) dan ia langsung terlihat memiliki karakter yang berbeda dengan versi Andrew Garfield dan Tobey Maguire. Mengenai Black Panther, namanya yang masih kalah terkenal dengan deretan superhero lain dalam film ini membuatnya menjadi pendatang baru. Namun kostum keren dengan kuku tajam dan kisah pribadinya yang masih misterius membuatnya lumayan mencuri perhatian dalam film ini.

Khas film Marvel, selalu ada easter eggs yang tersembunyi dalam tiap filmnya. Jangan lewatkan post credit dan after credit scene di akhir Civil War.

RATE:
8/10

No comments :

Post a comment