Monday, 30 November 2020

[Review] Another (2012)

(another.fandom.com)

Kouichi Sakakibara baru pindah dari Tokyo ke kota kecil tempat kelahiran almarhum ibunya. Sebelum mulai masuk sekolah baru, masalah paru-parunya memburuk sehingga diopname. Di RS, ia berpapasan di lift dengan gadis misterius yang memakai penutup mata sebelah bernama Mei Misaki. Saat masuk sekolah, ternyata mereka sekelas di kelas 3-3 tapi entah kenapa seluruh orang di kelas seperti tak mengetahui kalau Mei ada. Ditambah lagi ada rumor, bahwa kelas 3-3 ini adalah kelas yang amat dekat dengan kematian saking seringnya ada kematian misterius di kelas itu tiap tahun.

WARNING!! Spoiler alert!!

Anime Another sebenarnya sudah ada agak lama, sejak tahun 2012. Waktu itu teman saya yang merekomendasikan dengan bilang "Kayak Final Destination versi anime". Entah bagaimana, saya lupa nonton sampai akhirnya Netflix yang kali ini merekomendasikan.

Saya gak tahan pengen membahas soal anime ini jadi bakal saya spoiler sekalian, hahahahaha....

Sejak episode awal Another, sudah ada prolog bahwa 26 tahun lalu ada murid populer bernama Misaki di kelas 3-3 yang mendadak meninggal (tidak disebut kenapa). Teman-teman sekelasnya entah ngide dari mana, tetap bersikap seolah si murid tersebut hidup. Saat hari kelulusan dan mereka foto bareng, almarhum Misaki muncul menjadi penampakan di pojok foto. Sejak itu, tiap tahunnya sering ada kematian misterius di kelas 3-3.

Sebagai penonton, saya mengira Mei Misaki itu setannya sekaligus bertanya tanya kenapa Sakakibara ini goblok sekali. Si Mei Misaki ini kayaknya setan tapi kok Sakakibara masih ngajak ngomong dan nyamperin sampai berbagai kematian misterius mulai terjadi.

Tapi, ternyata bukan. Di pertengahan cerita baru diketahui kalau masalah di kelas 3-3 itu bukan hanya sekedar setan-setanan, tapi sesuatu yang berbeda. Kelas 3-3 entah kenapa selalu ada extra person tapi tidak diketahui siapa. Masalahnya adalah si extra person ini sendiri seperti tidak sadar kalau mereka bukan manusia dan juga entah kenapa orang sekitar punya rekaman memori soal si extra person gaib ini.

Misalnya begini, saat awal tahun ajaran sudah disiapkan 30 meja utk kelas 3-3. Namun, pas benar-benar masuk kelas ternyata kurang 1 meja. Mau dicek seperti apapun di arsip sekolah atau bagaimana, tidak akan ketahuan siapa si extra person karena dia bukan orang yang mendadak muncul tanpa ada latar belakang. Misalnya si A adalah extra person, maka entah bagaimana dalam ingatan semua orang termasuk orang luar 3-3, si A sudah ada sejak dulu bukan dadakan muncul. Fenomena extra person ini tidak selalu muncul tiap tahun tapi tidak ada pola pastinya. Jika fenomena ini muncul maka kematian-kematian misterius akan terjadi tahun itu meneror para anggota kelas 3-3 termasuk keluarga mereka juga. Kalau tidak muncul, maka situasi akan aman tenteram sampai lulus.

Akhirnya, entah bagaimana pihak sekolah menemukan cara untuk meredam fenomena aneh ini. Caranya adalah dengan "menumbalkan" salah satu anggota kelas. Menumbalkan ini bukan berarti dibunuh untuk jadi korban, namun si tumbal tersebut harus diperlakukan seperti tak ada. Tak boleh diajak bicara, disentuh, atau interaksi lainnya. Tujuannya adalah menghilangkan satu tempat untuk memberikan tempat bagi si extra person.

Kira kira begini:
Seharusnya 30 murid dalam kelas
Muncul si extra person (+1)
Jumlahnya menjadi bertambah (31)
Salah satu murid ditumbalkan dianggap tidak ada (-1) agar jumlah kembali ke seharusnya (30)

Memang agak membingungkan konsepnya Another ini, tapi sambil nonton juga akan mengerti. Setelah lulus, siapa si extra person akan hilang daftar absen dan juga ingatan orang-orang. Jika si A adalah extra person, maka ia akan hilang dari arsip, ingatan, dan juga foto begitu tahun ajaran berakhir. Seperti ada serigala yang menyelinap di tengah kawanan domba tapi serigalanya sendiri tidak sadar kalau dia itu serigalanya.

Di tahun tersebut, Mei Misaki adalah tumbal yang dianggap tak ada. Sakakibara yang baru pindah tidak tahu soal peraturan aneh ini dan berinteraksi dengannya. Kematian misterius mulai meneror kelas 3-3 dan semua menganggap kalau penyebabnya adalah interaksi Sakakibara dan Misaki.

Setelah mencari tahu, akhirnya Misaki dan Sakakibara menemukan kaset jadul masih pakai pita dari alumni kelas 3-3 belasan tahun lalu yang memberitahukan rahasia cara menghentikan fenomena aneh tersebut (setidaknya sampai tahun ajaran berikutnya). Caranya adalah dengan membunuh si extra person, mengembalikan yang mati kepada kematian.

Masalahnya adalah bagaimana cara mencari si extra person?

Nonton sendiri lah sampai habis biar penasaran.

Sebelum nonton, saya ingatkan kembali bahwa anime Another ini sungguh berdarah. Banyak adegan kematian brutal yang terjadi. Ditambah lagi, karena ini film temanya memang dark, opening songnya disturbing termasuk juga tone warna sepanjang film terlihat suram dan mistrius. Benar-benar Final Destination versi anime!

Saya googling, memang ada rencana untuk Another season 2 namun seperti kurang jelas beritanya. Kalau ada season 2, saya berpikir mungkin akan membahas mengenai kelas 3-3 tahun berikutnya atau prekuel kelas 3-3 dari tahun-tahun sebelumnya.

No comments :

Post a comment