Saturday, 7 April 2018

[Review] A Quiet Place (2018)

(Paramount Pictures)
Kalau hanya melihat judul dan posternya, banyak yang mengira ini film horor yang setannya bakal muncul kalau berisik. Nggak sih, saya kasih bocoran saja kalau ini thriller yang gak ada setannya.

Pada tahun 2020, Bumi bisa dibilang kiamat karena kemunculan monster yang buta tapi pendengarannya tajam. Berisik sedikit saja dan monster langsung datang menyambar sumber suara tersebut. Iye, sampai-sampai ngomong saja mesti bisik-bisik dicampur bahasa isyarat dan jalan pelan-pelan.

Sutradara John Karsinski menciptakan film yang nyaris bisu. Para pemerannya bicara dengan bisik-bisik pelan yang tertulis di subtitle dengan terkadang ada latar belakang musik bagi penonton. Bahkan pemerannya juga sedikit sekali, hanya sepasang suami istri dan anak-anaknya. Kemungkinan besar ada sekelompok manusia lain yang selamat namun di area berjauhan sebab saat si suami menyalakan api di menara, ada balasan api dari area lain. Bahkan nama para karakter juga sepertinya tidak disebut sepanjang film dan hanya muncul di IMDB saja.

Meskipun minim suara, namun suasana yang dihadirkan sukses membuat penonton ikut menahan nafas dan berusaha tidak menimbulkan suara. Ya bayangin aja saat si istri yang diperankan Emily Blunt mesti melahirkan tapi tidak boleh berteriak agar para monster tidak terpancing. Set, derita bener kan kalau terluka saja gak boleh teriak demi keselamatan jiwa.

Kalau ditanya siapa tokoh utamanya, agak sulit karena sedikitnya karakter yang muncul. Namun sorot cerita mengarah ke putri sulung yang diperankan Millicent Simmonds. Menariknya, si sulung ini kelihatannya sudah tuli dan memakai implan koklea dari sebelum ada serangan monster. Seiring berlalunya waktu, implan koklea yang dikenakan rusak dan tak bisa membantunya mendengar lagi. Terkadang, suara akan menghilang saat kegiatan si sulung disorot untuk membantu penonton mengetahui apa yang dirasakannya saat suara menghilang. Kalau belum pernah mendengar apa itu implan koklea, penjelasannya ada di sini.

A Quiet Place sukses menyajikan thriller yang terasa berbeda dengan jalan cerita dan penyajian suara yang unik. Apalagi ditambah unsur drama keluarga yang lumayan mengharukan. Yang duduk di sebelah saya sampai nangis sedikit. Pokoknya ini film merupakan salah satu film wajib tonton buat yang suka thriller, lho!

No comments :

Post a comment