Friday, 21 April 2017

[Review] Be Afraid (2017)


Pernah terbangun pas tidur tapi gak bisa gerak? Kemudian jadi melihat yang seram-seram? Berarti kamu kena sleep paralysis! Keluarga Dr. John Chambers (Brian Krause) baru saja pindah ke kota baru. John sering mengalami sleep paralysis yang mengganggu. Anaknya, Nathan (Michael Leone), juga sering ketakutan dengan sosok yang katanya sering ada di kamarnya. Berpikir itu cuma teman imajinasi Nathan, John tidak ambil pusing. Lama-lama sosok itu ikut meneror John dan anggota keluarga lain sambil berusaha menculik Nathan.

Judulnya bikin ekspektasi saya cukup besar, tapi langsung terjun bebas pas sudah jalan seperempat film. Tema sleep paralysis alias ketindihan sebenarnya punya potensi besar untuk digarap karena fenomena ini lumayan terkenal di Indonesia dan sering dihubungkan dengan hal gaib meskipun ada penjelasan ilmiahnya. Sayangnya, plot Be Afraid menyedihkan dan gagal membangun tensi horornya.

Mulai dari kepindahan John sekeluarga yang tidak dijelaskan alasannya. Awalnya saya kira ada hubungannya dengan makhluk gaib The Hat Man, ternyata asal-usul makhluk ini saja tidak dijelaskan. Belum lagi kenapa Emms Booth (Sade Kimora Young), salah satu anak yang diculik The Hat Man bisa berkeliaran sementara anak-anak lainnya yang diculik tidak ditampilkan. Kemudian Nikki Collins (Noell Coet) yang membuka tentang The Hat Man, kok ya bisa mendadak ingat kalau dulu pas kecil pernah diculik juga. Kemaren-kemaren kemana aja ingatannya, Mbak?

Sosok The Hat Man sendiri siluetnya mirip dengan karakter legendaris Freddy Krueger, terutama dari topi yang dipakainya berserta cakar panjang. Ngomong-ngomong, The Hat Man sendiri kurang jelas bentukannya. Dari sebentuk siluet hitam bertopi dan bercakar, penonton akan mengira wujudnya sebagai sesuatu yang mengerikan saat jaraknya mendekat. Ternyata bentukannya hanya hitam saja seperti habis kecebur dalam lumpur.

Jadi, saya kecewa bener dah sama film ini. Ngagetin juga gak kaget-kaget amat, Pantesan IMDB cuma ngasih rate 5/10. Rate dari saya sendiri? Duh, saya mah orangnya gak tega ngasih nilai kalau suatu film udah menyedihkan banget rasanya. Jadi Be Afraid ini gak saya rate, ya...

No comments :

Post a comment