Saturday, 18 June 2016

[Review] Finding Dory (2016)


Ikan biru pelupa yang disuarakan Ellen DeGeneres ini salah satu yang amat diingat penonton saat Finding Nemo ditayangkan 13 tahun lalu. Setelah rumor akan muncul sekuelnya, akhirnya Pixar memutuskan untuk menceritakan masa lalu Dory di Finding Dory. Bersetting setahun setelah Finding Nemo, tiba-tiba Dory teringat pada orang tuanya dan memutuskan untuk mencari mereka.
Dengan sifat pelupanya, Dory harus berjuang bersama Marlin (Albert Brooks) dan Nemo (Hayden Rolence).  Tak sengaja, Dory malah terpisah dan terbawa ke Lembaga Kelautan yang ternyata menjadi tempat asalnya. Sekarang, Dory harus mengelilingi Lembaga Kelautan tersebut bersama gurita pemarah bernama Hank (Ed O'Neill). Mampukah Dory menemukan orang tuanya?

Jika dibandingkan dengan Finding Nemo, sayangnya Finding Dory masih kalah kuat penceritaannya. Bahkan bisa dibilang sosok Marlin dan Nemo agak lemah untuk menjadi sidekick Dory dalam film ini. Saat di Finding Nemo, kerja sama dan kepercayaan antara Marlin dan Dory terjalin kuat menegaskan kekuatan mereka sebagai tim. Di Finding Dory, bisa dibilang justru Hank dan Dory yang menjalin hubungan kuat di sini.

Untunglah Ellen DeGeneres masih menyuarakan ikan biru ini. Suara kocaknya sangat cocok dengan karakter Dory sejak Finding Nemo. Ditambah dengan adegan-adegan lucu yang terjadi saat Dory lupa akan sesuatu atau kekocakan hiu paus Destiny (Kaitlin Olson) yang rabun jauh dan bertetangga dengan paus beluga Bailey (Ty Burrell). Sigourney Weaver juga sempat hadir sebagai cameo di film ini dengan disuarakan langsung oleh dirinya sendiri sebagai suara tour guide di lembaga kelautan.

Jika dicermati, sebenarnya ada satu hal yang lupa ditambahkan di film ini. Ingat Finding Nemo saat Dory dan Marlin menembus kawanan ubur-ubur? Akibat insiden itu, ada bekas luka di sirip kanan Dory. Dan bekas luka itu lupa ditambahkan animator Finding Dory. Di sini, kedua sirip Dory mulus tanpa luka.

Menonton Finding Dory memang tidak sedramatis Finding Nemo, namun cukup mengobati rasa rindu penonton kepada ikan biru kocak ini. Ngomong-ngomong, sebenarnya saya mengharapkan kehadiran geng ikan aquarium dokter gigi di Finding Nemo. After credit scene Finding Nemo menunjukkan bahwa mereka berhasil kabur dari aquarium ke lautan. Bagaimana kabar mereka sekarang?

RATE:
8/10

No comments :

Post a comment