Friday, 11 March 2016

[Review] Kung Fu Panda 3 (2016)


Po is back! Ending dari Kung Fu Panda 2 telah mengisyaratkan akan adanya sekuel di mana Po (disuarakan Jack Black) akan bertemu ayah kandungnya, Li Shan (Bryan Carnston), dan berkunjung ke desa rahasia panda. Kali ini, musuh yang akan dihadapi Po adalah Kai (J. K. Simmons) yang kembali dari kematian setelah 500 tahun dengan cara menghisap chi para master kung fu dahulu kala, termasuk chi Master Oogway (Randall Duk Kim).

Kembali ke Kung Fu Panda 2, Mr. Ping (James Hong) sudah memberitahu Po bahwa ia adalah anak angkat. Of course! Apa tidak ada yang heran bagaimana angsa punya anak panda? Li Shan yang mendapatkan petunjuk dari alam semesta mencari anaknya yang hilang dan menemukan Po. Bertepatan dengan itu, serangan dari zombie giok suruhan Kai datang.

Berdasarkan petunjuk dari gulungan peninggalan Master Oogway, yang bisa mengalahkan Kai hanyalah Master Chi sejati. Dalam gulungan juga diceritakan bahwa para panda menguasai ilmu chi sejak dahulu. Po bersama Li Shan menuju desa Panda disertai Mr. Ping yang diam-diam ikut karena cemburu dengan kehadiran Li Shan. Di desa panda, Po yang takjub dengan para panda yang baru kali ini dilihatnya belajar kebiasaan-kebiasaan panda. Sementara itu, Kai semakin mendekat ke desa Panda.

Ketiga film Kung Fu Panda franchise sedikit demi sedikit mulai berkembang ke arah yang kompleks. Jika Kung Fu Panda 1 lebih fokus pada komedi proses Po belajar kung fu, maka Kung Fu Panda 2 mulai memiliki jalan cerita kompleks dengan hadirnya Lord Shen yang memburu para panda di seluruh daratan China dan terungkapnya masa lalu Po. Untuk seri ketiga dari franchise ini, jalan ceritanya tidak sekompleks yang kedua dan bisa dibilang seringan yang pertama.

Khas dari Kung Fu Panda adalah adanya kata-kata bijak yang terselip dan film ini dan mudah untuk dipahami, mengingat ini adalah film untuk anak-anak. Meskipun begitu, orang dewasa yang menonton pun bisa mengambil hikmah dari filmnya. Kung Fu Panda 3 adalah film tentang pencarian jati diri. Saya yakin, penonton masih akan menunggu-nunggu akankah Kung Fu Panda 4 hadir kembali.

"If you only do what you can do, you'll never be better than what you are"
Master Shifu - Kung Fu Panda 3

RATE:
7.8/10

No comments :

Post a comment