Wednesday, 23 March 2016

[Review] The Divergent Series : Allegiant (2016)


Saya tidak mengerti kenapa film yang diangkat dari novel berseri maka yang paling kurang memuaskan adalah yang terakhir. Well, look at Harry Potter and The Hunger Games! Keduanya sama-sama memiliki ending yang terasa kurang memuaskan, entah penulisnya yang kehilangan ide memberikan akhir yang berkesan atau gagal saat dijadikan layar lebar. Dan ternyata masalah ini berulang pada Allegiant, seri terakhir dari Divergent Trilogy yang ditulis Veronica Roth.

Allegiant kembali melanjutkan petualangan Tris Prior (Shailene Woodley) dan Four/Tobias Eaton ( Theo James) sebagai kaum Divergent. Masih ingat ending film Insurgent saat terungkap bahwa ternyata kaum Divergent adalah tujuan utama dibentuknya fraksi-fraksi dan ternyata ada dunia di luar tembok? Allegiant melanjutkan ending tersebut dengan diblokirnya akses untuk keluar dari tembok atas perintah Evelyn (Naomi Watts), pemimpin baru sekaligus ibu Four. 

Tris dan Four yang berkeyakinan bahwa dunia di luar tembok menyimpan kebenaran, melarikan diri keluar tembok bersama Caleb (Ansel Elgort), Peter (Miles Teller), dan Christina (Zoe Kravitz). Dan ternyata dunia di balik tembok pun menyimpan rahasia yang mematikan. Sementara itu, di dalam tembok terjadi pertikaian antara setengah masyarakat yang mendukung Evelyn dan setengahnya yang mendukung Johanna (Octavia Spencer) dan menamakan diri sebagai kaum Allegiant.

Entah kenapa, Tris sebagai tokoh utama malah berkurang porsinya di sini, malah Four yang lebih dominan tampil dan melakukan keputusan penting. Peter yang menyebalkan masih membuat bingung apakah harus disebut kawan atau lawan di sini, Caleb yang sangat berpegang pada ilmu pengetahuan sedikit berperan penting dalam film ini, dan saya justru kasihan pada Christina yang jarang-jarang muncul dan kemunculannya malah seperti tidak penting.

Beberapa hal yang membuat saya masih memberikan plus pada film ini adalah kostum para tokoh dan teknologi yang dipakai. Entah kenapa kaum Dauntless selalu berpakaian yang keren-keren meski berkurang di film ini dan saya yakin pasti banyak yang ngiler melihat mini drone yang digunakan.

Sama seperti film yang diangkat dari novel lainnya, Allegiant sebagai seri terakhir dipecah menjadi dua part. Jika Divergent Trilogy versi Veronica Roth adalah Divergent, Insurgent, dan Allegiant, maka versi film adalah Divergent, Insurgent, Allegiant, dan Ascendant di mana Ascendant adalah part 2 dari Allegiant yang direncanakan akan tayang pada 2017.

RATE:
7.3/10

No comments :

Post a comment