Sunday, 31 January 2016

[Review] The People Under The Stairs (1991)


The People Under The Stairs adalah hasil karya Wes Craven sebelum beliau dikenal lewat franchise Scream. Wes Craven memang senang bermain-main dengan tema yang tidak biasa. Dari judulnya, calon penonton akan penasaran ada apa sih memangnya di bawah tangga sana?

Film berkisah mengenai Fool (Brandon Adams), seorang anak kecil yang tinggal di rumah susun tua. Suatu hari, Leroy (Ving Rhames) pacar kakak Fool mengajaknya bersama Spencer (Jerey Roberts) melakukan perampokan di rumah keluarga Robeson pemilik rumah susun yang mau merobohkan rumah susun untuk dijual. Rumah keluarga Robeson dihuni sepasang suami istri yang saling memanggil Mommy Daddy. Spencer yang menyamar menjadi tukang listrik tidak kunjung keluar dari rumah Robeson. Leroy dan Fool diam-diam menyelinap masuk namun Leroy ketahuan dan dibunuh oleh Daddy. Fool yang tidak terlihat dan tidak diketahui masuk berhasil bersembunyi dan bertemu Alice (A. J. Langer) dan Roach (Sean Whalen), anak angkat keluarga Robeson.

Rupanya suami istri Robeson memiliki masalah gangguan kejiwaan, setiap anak angkat mereka yang melawan akan dihukum potong lidah atau lainnya dan dikurung di bawah tangga, makanya judul film ini The People Under The Stairs. Roach dipotong lidahnya karena berusaha berteriak dan berhasil kabur dari bawah tangga lalu menyelinap tinggal di sela antara tembok. Tahu rumah jadul biasanya ada ruangan di antara tembok kan? Alice karena tidak pernah melawan, maka tidak dikurung namun sedikit kesalahan langsung membuatnya dihukum. Dia dihukum dimandikan dengan air panas yang masih berasap-asap karena mengotori bajunya.

Saya pertama kali menonton film ini di Bioskop TransTV dulu tengah malam dan langsung sangat menyukai film ini meskipun saya belakangan baru tahu ini film besutan Wes Craven. Suami istri Robeson yang sinting ditampilkan dengan baik. Ekspresi Mrs. Robeson yang seperti nenek sihir menimbulkan perasaan tidak nyaman. Mr. Robeson ditampilkan memburu Roach dan Fool dengan mengenakan semacam kostum jaket kulit hitam. Saya suka sekali kostum itu, ada yang jual tidak sih? :p

Pasangan gila.

Wes Craven meramu film ini dengan baik. Awalnya, penonton akan penasaran dengan judulnya, ada apa sih di bawah tangga sana? Lalu penonton akan berpikir di bawah tangga ada sesuatu yang menakutkan, mungkin hantu atau monster. Padahal yang sesungguhnya berbahaya adalah pasangan Robeson yang tinggal di atas tangganya. Setidaknya begitulah perasaan saya saat menonton film ini dulu pertama kalinya. Ini sebenarnya spoiler gak sih kalau saya ceritain?

RATE:
7.8/10

No comments :

Post a comment