Monday, 26 October 2020

[Review] Story of Kale: When Someone's in Love (2020)

(hipwee.com)

Sebelum bertemu Awan, Kale (Ardhito Pramono) pernah bersama dengan Dinda (Aurelie Moeremans). Ini adalah cerita bagaimana Kale menyelamatkan Dinda dari Argo, mantan pacar yang toxic. Mereka berdua jatuh cinta dan berkolaborasi dalam musik. Semuanya terlihat bahagia sampai mendadak Dinda meminta berpisah.

Di NKCTHI, Kale menjadi salah satu sosok yang mencuri perhatian penonton. Dari percakapan dengan Awan saat ia menolak berpacaran, banyak yang bertanya-tanya "Who hurt him?". Nah, di Story of Kale ini semuanya terjawab. Toxic relationship merupakan sorotan dalam film ini, mulai dari Dinda - Argo, ibu Kale yang selingkuh, dan ayah Dinda yang suka KDRT hingga menjadi bayang-bayang dalam hubungan Kale - Dinda. Penggunaan alur maju mundur digunakan sehingga penonton digiring melihat bolak-balik konflik saat Dinda minta putus dengan bahagianya mereka saat saling jatuh cinta di awal.

Banyak yang habis nonton merasa related dengan Kale atau Dinda karena memang kasus mereka banyak terjadi di kehidupan nyata. Pasti ada di antara kalian yang pernah terjebak di toxic relationship, terus digaslighting, atau latar belakang keluarga menghantui diri saat menjalin hubungan. 

Btw, nonton adegan rebutan kunci Kale - Dinda pas Dinda mau pergi bikin saya teringat cerita teman. Kasusnya mirip, ribut terus rebutan kunci pas satunya mau keluar. Tanpa sengaja itu kunci terlempar keluar dari jendela apartemen, malah dua duanya terkunci di unit gak bisa keluar. Akhirnya telepon ke teman minta tolong datang bawa tukang kunci dengan alasan kuncinya jatuh pas bersihin jendela, malu ngaku habis berantem. 

Karena syutingnya dilakukan di tengah pandemi, tentu saja banyak keterbatasan dalam film ini. Berbeda dengan di film NKCTHI saat Kale membawa Awan ke berbagai tempat seru seperti makan di kawasan pecinan dan gultik, pandemi membuat lokasi syuting Story of Kale terbatas. Kelewat iseng, saya jadi menghitung lokasinya hanya di kontrakan Kale - Dinda, lokasi Arah manggung, bus dan parkiran bus, studio musik, dan hotel.

Tidak bisa ditayangkan di bioskop gara-gara pandemi membuat Story of Kale diluncurkan di layanan streaming bioskoponline.com, cara praktis untuk menjaring penonton karena praktis dan juga biaya layanan yang murah. Semesta NKCTHI sendiri masih terbuka lebar untuk menggali berbagai cerita lain, mungkin tentang band Arah, suami istri Narendra muda, cerita Aurora, dan lain sebagainya. Kalau saya, nungguinnya spin off Aurora nih, ngefans sama si anak tengah ini.

No comments :

Post a comment