Monday, 12 October 2020

[Review] The Princess Switch (2018)

(elite.com)

Stacy DeNovo (Vanessa Hudgens), seorang pembuat kue dari Chicago mendapat undangan untuk kompetisi membuat kue natal di Belgravia. Tak sengaja ia bertemu dengan Margaret Delacourt yang berwajah persis sama dengannya. Margaret alias Duchess of Montenaro yang merupakan calon istri Prince Edward, mendadak punya ide mengajak Stacy bertukar tempat selama 2 hari untuk merasakan bagaimana kehidupan rakyat jelata.

Banyak film yang mengusung tema keajaiban menjelang Natal, mulai dari yang klasik seperti A Christmas Carol, dark cartoon seperti The Nightmare Before Christmas, hingga komedi romantis seperti Serendipity. The Princess Switch mengambil jalur komedi romantis, jalur yang sangat aman mengingat pasar selalu tersedia untuk genre ini.

Jalan cerita yang ringan selalu muncul di film komedi romantis, tidak ada hal rumit yang mengajak penonton berpikir. Cerita fokus pada saat rakyat jelata dan tuan putri bertukar tempat serta kejadian lucu bagaimana mereka menyesuaikan diri dengan lingkungan baru mereka. Hanya saja cerita cenderung lebih menyorot ke saat Stacy menggantikan tempat Margaret dibandingkan sebaliknya. Saat Stacy menggantikan Margaret, banyak hal seru yang dilakukan bersama Prince Edward seperti berkuda dan mengunjungi panti asuhan. Lain cerita dengan Margaret yang hanya berjalan-jalan santai bersama Kevin (partner toko rotinya) dan anaknya. Memang Margaret bilang hanya ingin menikmati hidup sebagai orang biasa, namun saya merasa karakternya jadi kurang tergali dibandingkan Stacy.

Justru menurut saya hal menarik dari film ini adalah saat Stacy dan Margaret berdampingan saling berbagi info soal latar belakang masing-masing. Akting Vanessa Hudgens ini cakep banget. Gerak-gerik Stacy dan Margaret jelas berbeda meskipun diperankan orang yang sama. Margaret yang selalu berjalan tegak dan anggun jelas terbalik dengan Stacy yang berjalan santai biasa.

Yah, tapi namanya film komedi romantis memang untuk hiburan ringan, bukannya mengajak penonton untuk mikir panjang. The Princess Switch merupakan salah satu film yang asyik untuk ditonton di akhir pekan meskipun sekarang belum suasana Natal.

No comments :

Post a comment