Sunday, 16 June 2019

[Review] X-Men : Dark Phoenix (2019)

(wegotthiscovered.com)

Setelah kejadian di Days of Future Past, sejarah dunia berubah drastis. Seang 10 tahun setelah kejadian di X-Men: Appocalypse, team X-Men pada tahun 90an menjadi pahlawan yang sering muncul membantu di saat-saat kritis. Dalam suatu misi ke luar angkasa untuk menyelamatkan kru roket yang nyaris terbakar, Jean Grey (Sophie Turner) mengalami kecelakaan yang membuat kekuatannya meningkat pesat sekaligus memunculkan sisi gelap dirinya.

Sebagai film yang menjadi penanda 20 tahun X-Men Universe, sesungguhnya X-Men: Dark Phoenix mengecewakan dari segi cerita. Konflik yang disajikan kurang mendalam, begitu juga dengan asal-usul para alien yang kurang digali. Terasa sangat dangkal dibandingkan Days of Future Past atau First Class yang banyak disebut sebagai film X-Men dengan cerita terbaik.

Salah satu hal menarik dari seri X-Men adalah kehadiran mutan dengan berbagai variasi kekuatan yang muncul. Dalam Dark Phoenix, nyaris tak ada mutan dengan kekuatan baru, justru digantikan dengan alien yang bisa meniru wujud orang lain. Bahkan Quicksilver yang merupakan salah satu mutan favorit penonton hanya beraksi sebentar dalam film ini sebelum terkapar cedera.

Tapi, apabila melihat bagaimana ending di Days of Future Past dan Logan, masih ada beberapa tahun dalam X-Men Universe yang masih bisa digali untuk film bagus. Terlebih lagi, Dark Phoenix adalah film terakhir X-Men sebelum resmi bergabung dengan Marvel Cinematic Universe. Dengan bergabungnya X-Men, peluang adanya cross over atau tema baru semakin terbuka.

Terlebih lagi masih ada The New Mutants yang trailernya sudah ada sejak 2017 namun penayangannya terus diundur. Direncanakan The New Mutants akan mengenalkan beberapa karakter baru, namun kelihatannya penonton masih harus sabar agak lama lagi. Berita terbaru mengatakan bahwa The New Mutants kemungkinan tayang 2020. 

Di Dark Phoenix ada 2 plothole yang sebenarnya agak membingungkan saya. Yaitu, bagaimana Professor X yang lumpuh bisa menyetir mobil dan kenapa jaket Jean Grey tiba-tiba hilang di akhir film? Btw gak ada easter eggs, jadi silakan langsung ke toilet saja setelah film selesai.

No comments :

Post a comment