Saturday, 23 March 2019

[Review] Us (2019)

(philly.com)
Sebuah keluarga kecil dengan dua anak pergi liburan musim panas ke pantai. Sepulang dari pantai, mereka mendapat teror fisik dari empat orang misterius dengan wajah yang sama persis dengan mereka.

Bagi yang sudah nonton Get Out (2017), film ini digarap oleh sutradara yang sama, yaitu Jordan Peele. Kalau Get Out merupakan horor psikologis di mana rasa takut dibangun dari perasaan asing dan aneh yang dialami tokoh utamanya, maka Us memberikan horor dari perasaan terancam dan serangan fisik.

Hal menarik dari film Us adalah bagaimana para pemeran mesti memerankan dua karakter sekaligus, karakter keluarga bahagia dan karakter keluarga misterius. Kemudian musik opening film ini juga unik dan memberikan perasaan tak nyaman kepada para penontonnya. Mirip seperti Get Out, penonton dibuat bertanya-tanya apa yang ada di balik munculnya para kembaran misterius ini karena ternyata fenomena ini muncul di seluruh Amerika.

Selain jalan cerita yang unik, satu hal menarik dari film ini adalah akting Lupita Nyong'o, baik sebagai Adelaide Wilson ataupun kembarannya, Red. Bisa dibilang posisi penting di film ini memang lebih banyak diberikan ke dua karakter tersebut. Selain susah syutingnya, tentu saja Lupita Nyong'o harus menjalani akting bergantian antara dua karakter yang berlawanan ini.

Meskipun film ini menarik dengan tema yang tidak biasa, ada beberapa hal yang cukup dipertanyakan di film ini serta ending yang mungkin dimaksudkan twist tapi rada terlalu maksa.

No comments :

Post a comment