Sunday, 8 January 2017

[Review] The Great Wall (2016)


Sebenarnya saya tidak terlalu tertarik dengan film ini. Terus kenapa saya nonton?? Karena bagian dari acara kantor. Dan syukurlah filmnya lumayan melampaui ekspektasi :p

The Great Wall memang merupakan ikon utama negara China yang masih bertahan selama ribuan tahun. Para ahli sejarah menyebutkan bahwa fungsi tembok raksasa ini adalah untuk menahan serangan musuh. Dan film ini menyajikan fungsi tembok tersebut dalam artian lain. Bagaimana kalau musuhnya bukan manusia?

William Garin (Matt Damon) dan Pero Tovar (Pedro Pascal) adalah dua tentara bayaran dari Eropa yang dibayar untuk membawakan bubuk mesiu yang pada masa itu merupakan rahasia negeri China. Ditangkap oleh tentara The Nameless Order yang berjaga di The Great Wall, keduanya melihat bahwa rupanya tembok tersebut dibuat untuk menghalau Tao Tei, gerombolan alien pemangsa manusia yang muncul 60 tahun sekali.

Jika Tao Tei berhasil melewati tembok dan mencapai ibukota, maka mereka akan semakin berkembang biak hingga membahayakan seluruh dunia. Dari tentara bayaran yang mengincar harta, William mulai menemukan tujuan hidupnya dalam pertempuran melawan Tao Tei.

Film kolosal ini mengangkat banyak nama yang sudah terkenal seperti Matt Damon dan Andy Lau yang menjadi ahli strategi. Btw, hal yang menarik bagi saya adalah penampakan para tentaranya yang punya tugas masing-masing. Terutama tentara biru yang seluruhnya wanita pimpinan Komandan Lin (Tian Jing) dan bertugas menombak musuh dengan teknik bungee jumping.

Meskipun diberi efek yang 'wah', terutama saat tembok terbelah dan memajukan pisau memotong Tao Tei, namun mungkin agak kurang dari segi jalan cerita. Penonton hanya dimanjakan secara visual tapi jalan ceritanya kurang berbekas di hati. Lagipula ide kemunculan alien pada jaman tersebut rasanya kok aneh bagi saya?

Ya sudah, kalian anggap saja nonton film ini sebagai selingan. Toh, kalian pasti betah memandang Komandan Lin :p

RATE:
7.5/10

No comments :

Post a comment