Saturday 7 January 2023

[Review] M3GAN (2022)

(vanityfair.com)

Gemma (Allison Williams) mendadak harus mengasuh keponakannya, Cady (Violet McGraw) yang menjadi yatim piatu karena kecelakaan. Sebagai ahli robotika, muncul ide Gemma untuk membuat M3GAN (Amie Donald), boneka robot dengan tekonologi AI yang berfungsi sebagai teman anak. Namun, lama-lama M3GAN mulai lepas kendali dan membahayakan makhluk hidup lain.

Coba sebutkan apa saja film tentang boneka edan yang legendaris? Chucky yang kerasukan roh psikopat pembunuh? Annabelle yang boneka aslinya masih disegel di museum supranatural keluarga Warren? Kalau kalian skeptis dengan hal gaib, maka film M3GAN menyajikan sesuatu yang lebih ilmiah yaitu boneka yang jadi brutal karena AInya kelewat canggih. 

M3GAN dibuat oleh Gemma untuk menjadi teman bermain keponakannya yang sedih. Sistem AI yang ditanamkan dalam M3GAN membuat boneka ini akan terus belajar sendiri seiring berjalannya waktu. Sayangnya perintah melindungi pemiliknya dari luka fisik dan emosional diartikan lain oleh M3GAN dan malah membuatnya jadi brutal sampai ke tahap bisa sarkas, dancing before murder, menyusup masuk ke sistem teknologi lain sampai bisa nyuri mobil orang. Nih ya, bayangin deh jadi Gemma pas Isle si speaker smart home tiba-tiba nanya bagaimana perasaannya dan pas liat ternyata si M3GAN dan Isle sama sama lagi menatapnya. Terus Isle dan M3GAN kayak saling bertukar pandang, seperti Wall-E dan EVE versi barbar gitu. Sayang banget sih sebenarnya si Isle tidak diikutkan berperilaku barbar juga, kalau sampai ikutan barbar kayaknya bakal lebih seru lagi.

Blumhouse memang senang menyajikan film thriller dengan ide unik, sebut saja Insidious, The Purge, Get Out, Happy Death Day, dan lain sebagainya. Dalam M3GAN, masalah anak kecanduan teknologi menjadi sorotannya. Gemma yang tidak terlalu paham tentang mengasuh anak kecil sama sekali tidak membatasi waktu interaksi Cady dengan M3GAN, membuat keponakannya menjerit tantrum tak mau berpisah dengan boneka robot kesayangannya. Sesuatu yang sering terlihat di sekeliling kita kan? Balita dikasih hp dengan alasan biar diam dan orang tua bisa santai, terus pas gak mau lepas dari perangkatnya malah ortunya lagi yang ngomel bilang anaknya kecanduan smartphone. Padahal ortunya sendiri kan yang duluan mengenalkan anak ke teknologi tanpa pembatasan?

Termasuk juga saat teman Gemma bertanya apa Gemma tidak memasang parental control ke M3GAN. Banyak orang tua tidak tahu bahwa banyak aplikasi bisa pasang parental control untuk memfilter informasi yang bisa diakses anak. Memasang parental control saja tetap ortu bisa kecolongan, apalagi jika tidak dipasang? 

Biarpun plot ceritanya sudah bisa ditebak, boneka M3GAN menggila dan barbar tapi film ini tetap menarik dinikmati karena jalan ceritanya. Ditambah lagi dengan akting Amie Donald sebagai M3GAN. Iya, ada seorang anak sungguhan yang berakting menjadi M3GAN lalu efek digital akan memanipulasi bentuk wajah dan kulitnya sedemikian rupa agar terlihat seperti boneka.

Meskipun ada boneka hidup yang bisa bergerak-gerak, bukan berarti bisa mengajak anak kecil nonton film ini. Ada beberapa adegan kekerasan yang memang gak brutal amat, tapi tetap saja tidak aman untuk anak kecil membuat film ini rating 17+.

Btw, kayaknya hak asuh Cady bakal dicabut dari Gemma gara-gara insiden M3GAN sih.

No comments :

Post a Comment