Saturday, 7 March 2020

[Review] Sebelum Iblis Menjemput Ayat 2 (2020)

(cnnindonesia.com)

Setelah kejadian di film pertama, kini Alfie (Chelsea Islan) hanya tinggal berdua dengan adik tirinya, Nara. Masih dibayang-bayangi trauma, mendadak dua bersaudara ini diculik sekelompok anak muda. Mereka mangganggap bahwa hanya Alfie yang bisa menghentikan kebangkitan bapak pengurus panti asuhan tempat mereka dibesarkan.

Dalam film kedua ini, Alfie sudah memahami bahwa dirinya terikat dengan Iblis Molok akibat perjanjian yang dibuat ayahnya. Meskipun berusaha lari, namun ada saja hal yang membuatnya kembali berurusan dengan dunia lain. Trauma dengan kejadian pada Sebelum Iblis Menjemput (2018) yang sebelumnya digambarkan sudah jutek menjadi semakin emosional, cocok dengan titelnya sebagai "Anak Setan".

Suka film horor dan gore? Maka film ini wajib ditonton! Sebelum Iblis Menjemput Ayat 2 menyajikan semburan darah yang lebih banjir daripada film pertamanya. Sama seperti film pertamanya, beberapa adegan juga mengingatkan pada film horor terkenal seperti The Grudge, Insidious, dan Evil Dead. Meskipun begitu, saya merasakan bahwa penokohan kelompok anak muda tersebut kurang kuat. Rasanya seperti penonton kurang terikat dengan mereka, kira-kira seperti "Yah, mati deh satu lagi" tanpa merasa kehilangan. 

Salah satu adegan memorable bagi saya adalah saat Kristi kerasukan dan berusaha mendobrak pintu dengan kakinya. Kamera yang menempel langsung pada mukanya yang sudah dirias mengerikan sedikit banyak membuat terbayang bayang hingga malam. Ditambah lagi, mungkin hanya pada film ini saya melihat ada setan mengacungkan jari tengah :D

Iblis Molok yang sudah disebut sejak film pertama masih belum dijelaskan asal usulnya. Justru dukun wanita berpakaian serba putih yang menjadi benang merah penghubung kedua film ini. Kemungkinan besar Timo Tjahjanto selaku sutradara dan penulis naskahnya punya ide untuk membuat semacam universe dengan Alfie sebagai heroine.

Untuk film ketiga kelak, saya berharap untuk lebih dijelaskan mengenai latar belakang Iblis Molok ataupun mungkin sosok gaib lain yang masih ada hubungannya.

No comments :

Post a comment