Sunday, 6 January 2019

[Review[ Dreadout (2019)

review-film-dreadout-kengerian-yang-melewati-batas
(id.bookmyshow.com)
Marilah kita memulai tahun 2019 ini dengan nonton horor! Dalam film DreadOut ini, ada sekelompok remaja SMA yang masuk ke kompleks rusun angker demi mengejar jumlah followers. Mereka melangkah masuk ke unit bekas pembunuhan dan tak sengaja membuka portal gaib yang mengakibatkan penghuni alam gaib murka.

Dari segi jalan cerita, sebenarnya biasa saja.
Iseng main ke tempat angker -> tak sengaja bikin penghuni alam gaib marah -> diteror -> berusaha melarikan diri.

Berhubung karakter yang muncul adalah para anak muda SMA, maka harus ada sosok aktor/aktris muda yang tengah naik daun seperti Jefri Nichol untuk menggaet penonton muda ke dalamnya. Bagi yang menonton tanpa main gamenya terlebih dulu, masih bisa mengerti filmnya kok. Bahkan bisa dibilang bahwa film ini adalah prekuel tentang masa lalu Linda (Caitlin Halderman), tokoh utama yang sama dengan di game, karena di masa lalu Linda masih misterius dalam gamenya.

Sudah main gamenya? Ada beberapa yang protes mengapa jalan ceritanya berbeda dengan di game. Ya iyalah, kalau sama dengan yang di game nanti udah ketebak dong jalan ceritanya. Meskipun begitu, tetap saja ada elemen khas dalam game yang dibawa ke filmnya.

Tokoh utama DreadOut bernama Linda (Caitlin Halderman) sama dengan yang di game, memiliki kemampuan mengusir makhluk gaib dengan memanfaatkan lampu flash pada kamera ponselnya. Selain itu, ada juga pocong membawa sabit dan Lady in Red, salah satu bos dalam game yang dibawa ke layar lebar.

Sutradara Kimo Stamboel yang juga menggarap Rumah Dara dan Headshot memang sudah terkenal dengan film-film berdarah bersama Timo Tjahjanto. Untuk DreadOut, ciri khas The Mo Brothers terlihat dalam horor yang bukan memanfaatkan jumpscare, namun dari penampilan dan ekspresi menakutkan para makhluk gaib biarpun tidak sampai bikin penonton menutup mata ketakutan. Kimo juga menyelipkan beberapa unsur humor meskipun agak "garing" dan dipaksakan.

Bagi yang sudah memainkan gamenya, menonton film DreadOut seperti kelengkapan sendiri karena mengulas masa lalu tokoh utama meskipun kurang lengkap. Sementara bagi yang belum main gamenya, mungkin kalian akan tertarik main gamenya setelah nonton film ini.

No comments :

Post a comment