Sunday, 19 February 2017

[Review] Split (2017)


Judulnya mengingatkan saya pada banana split dan bikin lapar, tapi percayalah kalau film ini tidak semanis dessert tersebut.

Tiga cewek ABG mendadak diculik oleh Kevin, seorang lelaki berkepribadian ganda (James McAvoy). Ralat, bukan ganda lagi, namun 23 kepribadian! Untuk apa mereka diculik dan bisakah mereka melarikan diri?

Sudah nonton trailernya? Film ini berjalan dengan cepat. Hanya beberapa menit dan adegan awal dalam trailer langsung disajikan pada penonton. Tokoh utama kita adalah Casey (Anya Taylor-Joy) yang merupakan sosok gadis pendiam dan dipandang aneh oleh teman-temannya. Di balik sikap pemurungnya, terlihat bahwa ia sebenarnya cerdas dan pandai membaca situasi saat dia menyadari dengan cepat bahwa Dennis, salah satu kepribadian Kevin, adalah sosok obsesif kompulsif pada kebersihan.

Ada karakter Dr. Karen Fletcher (Betty Buckley), seorang psikolog yang menangani Kevin. Dr. Fletcher ini mengingatkan pada Nenek Alice di Insidious, sama-sama sudah sepuh namun cerdas dan berperan penting dalam film. M. Night Syahmalan sebagai sutradara malah sempat muncul sebagai cameo di film ini. Numpang mejeng nih, ye...

Kenapa film ini menarik? Karena 23 kepribadian Kevin tersebut yang mana diangkat dari kisah nyata Billy Milligan, pembunuh dengan 24 kepribadian. Lagian saya juga menyukai topik tentang disorder seperti ini karena pernah ingin jadi psikolog. Gagal sih, tapi setidaknya berhasil punya mantan psikolog :p

James McAvoy sendiri piawai memainkan karakter Kevin meskipun tidak semua kepribadiannya ditampilkan. Penonton bisa langsung menebak kepribadian apa yang saat ini sedang menguasai Kevin dari gerak-gerik dan ekspresi yang ditampilkannya. Selain itu, kita juga dibuat penasaran mengenai alasan penculikan ini dan sedikit demi sedikit diberitahu lewat percakapan Casey dan Hedwig, salah satu kepribadian Kevin.

Btw, Split ini satu universe dengan Unbreakable (2000) yang disutradarai Syahmalan juga meskipun tidak berhubungan. Konon, Syahmalan sedang berencana membuatkan film yang menghubungkan Unbreakable dan Split. Ok, masuk daftar tontonan wajib!

RATE:
8.5/10

No comments :

Post a comment