Sunday, 21 February 2016

[Review] Friend Request (2016)

Awal membaca sinopsisnya, semua orang akan menduga film ini tentang stalker gila dan hanya akan menjadi film thriller biasa. Namun, Simon Verhoeven menawarkan sesuatu yang lebih dari sekedar penguntit sinting dalam film ini.

Film dibuka dengan adegan seorang dosen yang menyampaikan pengumuman bahwa Marina (Liesl Ahlers), salah satu anggota kelas mereka telah tewas bunuh diri dan video rekaman detik-detik kematiannya sempat beredar di web kampus. Flashback ke dua minggu sebelumnya, Marina yang pendiam dan misterius mengirimkan permintaan pertemanan di Facebook kepada Laura (Alycia Debnam-Carey) yang menerima permintaan pertemanan tersebut mencoba bersikap ramah padanya. Namun lama-kelamaan Marina mulai menunjukkan tanda-tanda obsesif dengan melarang Laura bergaul dengan teman lain. Laura yang mulai ketakutan menghapus Marina dari pertemanan dan menghindar. Dan video bunuh diri Marina pun memulai teror dalam hidup Laura.

Simon Verhoeven menghadirkan Friend Request dengan tenang pada awalnya. Penonton diajak untuk melihat adanya permintaan pertemanan masuk dari Marina kepada Laura, lalu membuka profilnya yang dipenuhi animasi dan sketsa yang terkesan artistik sehingga Laura memutuskan untuk menerima pertemanannya. Lalu penonton mulai ikut jengah dengan Marina yang obsesif, kemudian peristiwa bunuh diri Marina dan teror yang menghantui Laura ikut membuat penonton bertanya-tanya mengenai apa yang sebenarnya terjadi. Sejak awal, penonton hanya diberi clue bahwa akan ada sesuatu yang menakutkan sejak Laura menerima friend request dari Marina, namun tidak dijelaskan seperti apa teror yang akan terjadi.

Yang mengganggu saya adalah saat Laura yang terluka di bagian perut, beberapa kali bisa berjalan dan berlari dengan tidak terlalu kesakitan. Orang terluka di bagian perut seharusnya akan sangat kesulitan untuk berlari dan berjalan. Namun, celah itu berhasil ditutup oleh ide cerita yang tidak biasa. Jump scare dihadirkan dengan tidak terlalu berlebihan namun cukup untuk mengejutkan penonton dengan iringan musik yang mendukung suasana ketakutan. 

Friend Request menghadirkan tema roh jahat dan santet ala bule. Dan bahwa jaman sekarang hal gaib pun bisa menyelusup ke dalam teknologi. Laura yang ketakutan tidak bisa menghapus video kematian Marina yang tiba-tiba terpost sendiri, bahkan akunnya pun tidak bisa dihapus. Simon Verhoeven juga menyisipkan pesan tentang betapa cepatnya suatu hal beredar di dunia maya dan dampaknya bagi orang yang menguploadnya. 

RATE:
7.8/10

No comments :

Post a comment