Sunday, 9 February 2020

[Review] Birds of Prey (2020)

(radiotimes.com)

Setelah misi di Suicide Squads (2016) selesai, Harley Quinn (Margot Robbie) putus dari Joker dan berkeliaran seenaknya. Tanpa status "Pacar Joker", nyawanya menjadi incaran di Gotham City. Agar bisa selamat, dia harus menemukan sebuah berlian yang memuat kode rekening rahasia berisi harta. Berlian yang ditelan oleh pencopet kecil Cassandra Cain (Ella Jay Basco) juga diperebutkan oleh penjahat Gotham City. Persaingan semakin keras dengan kehadiran seorang pembunuh bersenjata crossbow yang misterius.

Prolog dibuka dengan cerita masa kecil Harley Quinn hingga dia bertemu dengan Joker dan putus dalam bentuk animasi. Joker versi Jared Leto yang banyak menuai kritikan tidak dimunculkan di sini, yang muncul hanya Joker versi animasi saja. Kabarnya memang akan ada recast untuk pemeran Joker berikutnya.

Birds of Prey banyak menggunakan alur maju mundur dan gaya komikal dalam paruh awal filmnya. Gaya komikal terlihat dari bagaimana Harley menyebutkan siapa saja nama orang-orang yang ingin membunuhnya beserta penyebabnya. Begitu juga saat ia menyerbu kantor polisi untuk mencari Cassandra Cain, Harley justru menggunakan peluru karet, asap warna warni, dan confetti yang membuat suasana kian riuh dan komikal. Adegan paling seru? Tentu saja saat kejar-kejaran dengan membawa sandwich telur!

Memasuki paruh akhir, tone film justru menggelap dan kelam. Menggunakan setting wahana fun house di taman bermain tua merupakan pilihan yang bagus. Bagaimana tidak, sebagai "badut perempuan" tentu fun house menjadi seperti habitat alaminya Harley Quinn.

Bagaimana dengan para anggota Birds of Prey yang lain? Selain Cassandra Cain yang tak sengaja terseret dalam masalah karena salah mencopet korban, Renee Montoya hanya terobsesi menangkap Roman Sionis, Black Cannary juga sebenarnya terseret karena mengenal Cassandra, begitu juga dengan Huntress yang sebenarnya mengincar orang lain untuk target balas dendam. Sebenarnya mereka punya kepentingan masing-masing namun jadi terpaksa bekerja sama agar bisa keluar dari fun house yang dikepung para penjahat Gotham City. 

Disinyalir bahwa DC akan membuat trilogi untuk Harley Quinn apabila Birds of Prey sukses di pasaran. Melihat bagaimana reaksi penonton saat ini, besar kemungkinan bahwa trilogi akan dilanjutkan. Kita tunggu saja kabar berikutnya!

No comments :

Post a comment